Course : Analisis Big Data

Deskripsi :

Mata kuliah Analisis Big Data mengenalkan mahasiswa kepada teknologi dan algoritma yang digunakan untuk memproses dan menganalisis data berukuran besar. Mata kuliah ini akan mengenalkan mahasiswa pada karakteristik, teknologi pengolahan dan analisis Big Data. Beberapa algoritma pemrosesan Big Data juga akan disampaikan beserta dengan implementasinya. Mata kuliah disajikan dengan struktur dan pokok bahasan pengenalan konsep Big Data, Big Data Ecosystem,  Model Pemrosesan, Algoritma pada pengolahan Big Data, Data Visualization, dan Penugasan.

Tujuan :

Matakuliah memberikan pengetahuan mengenai definisi, manfaat dan peran big data dalam penentuan strategi dan keputusan bisnis. Konsep dan arsitektur analisis big data dikenalkan dengan menjelaskan materi big data ecosystem, pemrosesan big data dengan model real time dan batch processing, menggunakan Hadoop, MapReduce, Spark, Scala.

Konten :

  • Pertemuan 1: Pengenalan Big Data
  • Pertemuan 2: Environment Big Data – MapReduce, HDFS
  • Pertemuan 3: Environment Big Data – In Memory Processing & Data Stream
  • Pertemuan 4 dan 5 : Large Scale Machine Learning: Clustering, Nearest Neighbour, Gradient Descent, Support Vector Machines, Classification, Regression
  • Pertamuan 6: Data Visualization