GamaCloud : Implementasi Container dan Kubernetes Orchestration dalam peluncuran, Pengawasan dan Pengaturan Ekosistem Big Data

Student: Muhammad Muhlas Abror (Reguler – 15/381293/PA/16771), Supervised by : Dr. Mardhani Riasetiawan. Computer Sciences, Department of Computer Science and Electronic, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Gadjah Mada. Presented at July 1, 2019.

Big data adalah kondisi dimana model penyimpanan basis data konvensional tidak dapat lagi menanggulangi data dengan jumlah yang besar. Big data memiliki karakteristik lima V, yaitu Volume, Velocity, Variety, Value, dan Veracity. Beberapa tahun terakhir ini, sudah terdapat banyak sekali framework – framework yang dapat digunakan untuk pemrosesan big data, bahkan pasar layanan big data diprediksi akan meluas pada tahun 2020. Framework big data dapat diinstal dalam sistem operasi yang telah tersedia saat ini atau dapat menggunakan Gamabox OS, tetapi sistem operasi memiliki kelemahan yaitu proses instalasi yang lama dan konfigurasi yang cukup rumit bagi orang awam.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu container yang berisi platform big data, serta sistem orkestrasi yang memiliki kemampuan untuk meluncurkan, mengatur, dan mengawasi platform big data tersebut. Pada penelitian ini, dilakukan pembuatan platform big data dalam container dan pembuatan paket terhadap platform tersebut agar dapat berjalan dalam lingkungan klaster. Metode yang digunakan untuk pembuatan paket ini adalah metode agile development dengan menggunakan Ubuntu 16.04 sebagai sistem operasi dasar, sedangkan sistem orkestrasi yang digunakan pada penelitian ini adalah Kubernetes. Container hasil pengembangan ini diberi nama Gamabox Container, sedangkan sistem orkestrasi hasil modifikasi ini diberi nama Gamacloud.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, Gamacloud dapat meluncurkan hingga 6 buah layanan Gamabox Container. Sedangkan pada hasil pengujian TestDFSIO Gamabox Container memiliki selisih yang kecil dengan hasil pengujian penulisan data pada Gamabox OS.

Presentasi dapat diakses pada tautan ini.