Kiddo

Overview

Dunia pendidikan menggunakan TIK untuk memudahkan penyampaian materi, meningkatkan interaktivitas, dan mengenalkan anak didik dengan teknologi yang memudahkan proses belajar mereka. Akses terhadap teknologi dan kemampuan untuk memanfaatkan masih terbatas di perkotaan dan area yang dekat dengan akses, bagaimana dengan yang berada didaerah dan daerah remote. Perangkat keras dirasa masih cukup mahal dan belum bisa menjadi prioritas dari fasilitas yang harus ada.

Di tahun 2014, terdapat riset kampus untuk mengembangkan komputer lengkap dengan konten edukasi bagi anak-anak sekolah dasar daerah Yogyakarta. Komputer tersebut ditujukan untuk mempermudah proses belajar-mengajar bagi para siswa dan guru. Dari riset tersebut, muncul ide untuk mengembangkan sebuah komputer yang mudah dirakit oleh anak-anak dan dilengkapi dengan game edukasi serta materi edukasi yang mendukung proses belajar di rumah, kemudian kami beri nama Kiddo.

Kiddo ditujukan untuk melatih kreativitas anak-anak secara mandiri, yang ditunjang juga oleh game menarik dari KanoOS. Anak-anak diharapkan dapat membuat tokohnya sendiri dalam game tersebut, seperti dalam game snake dan skrecth. Game tersebut merupakan game bawaan dari kanoOS. KanoOS merupakan sistem operasi yang digunakan oleh Kiddo.

Approach

Kiddo adalah perangkat mini PC yang dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen. Kiddo ditujukan bagi pengguna anak-anak di Indonesia dan dunia. Kiddo berasal dari dua kata yaitu Kid + Do, yang bermakna anak-anak Indonesia yang kreatif dan dapat merakit sendiri perangkat komputer, mengoperasikan dan mengeksplorasinya.

Kiddo dikembangkan dengan menggunakan perangkat Single Board Computer (SBC) yaitu Raspberry Pi baik versi 2 dan 3, serta dijalankan dengan menggunakan Kano OS. Dilengkapi dengan perangkat keyboard+mouse, power, HDMI, dan beberapa versi menggunakan monitor sendiri. Kiddo juga dilengkapi dengan konten-konten siap saji yang terdiri dari Buku Sekolah Elektronik untuk sekolah dasar, video pembelajaran, cerita rakyat Indonesia, dan lagu-lagu daerah maupun lagu wajib nasional di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar menciptakan dunia anak yang nyaman untuk belajar dan menumbuhkan kecintaan pada konten Indonesia.

HAKI produk: Hak Cipta